Mari Mengenal Hamster

Postingan kali ini gw persembahkan untuk seseorang ... dan untuk mereka yang memelihara hamster. Untuk saat ini gw akan membahas jenis-jenis hamster yang ada di pasaran beserta ciri2ny, jadi harapan gw dengan adany info ini bisa membantu kalian sebagai pertimbangan nantinya mo beli hamster yg mana :p

Pertama gw jelasin apa itu hamster secara umum. Berdasarkan pada artikel-artikel yang dah gw baca dan melihat langsung pada subyeknya. :p
Hamster merupakan hewan pengerat dan termasuk pada family Cricetidae, jadi intinya hamster masih punya hubungan sodara ama tikus tapi klo tikus termasuk pada family Muridae. (Dalam sekejap gw jadi ngerti biologi gini =.=)
Asal kata hamster berasal dari bahasa German, yakni hamstern yang artinya menimbun. Kenapa di bilang menimbun? Soalnya hamster itu bisa nimbun makanan di dalam kantong pipinya, kalo di alam liarnya mereka membawa makanan di kantong pipinya buat dibawa ke sarangnya.
Hamster adalah hewan nokturnal ( tapi kayany klo dah di pelihara mungkin mereka jadi hewan diurnal ya =.=), artinya mereka beraktivitas pada malam hari, dari petang hingga menjelang fajar. Di alam bebas mereka bersembunyi di dalam liang pada siang hari untuk menghidari predator dan mulai mencari makan saat menjelang petang.
Untuk makanan, hamster ini ga terlalu banyak memilih makanannya alias omnivora. Umumnya mereka memakan gandum, biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, sayur-sayuran, dah bahkan serangga-serangga kecil. Tapi klo mau sehat tentunya kita harus perhatikan jenis makanan yang akan kita suguhkan pada hamster kita.
Hamster itu mempunyai penglihatan yg buruk dan juga buta warna tetapi memiliki indra pendengaran dan penciuman yang tajam. Dengan penciuman yg tajam mereka dapat mendeteksi jenis kelamin, makanan, dan juga pheremone. Apa itu pheremone? Cari aja sendiri ya di wikipedia, klo gw bahas juga ntar jadi panjang XD

Skarang kita lnjut ke menu utama, jenis hamster yang ada di pasaran :p
Secara garis besar ada 5 jenis hamster tetapi variasi-variasi dari kelima jenis itu sangat beragam, jadi saya tidak akan menjelaskan secara detail.

1. Golden hamster a.k.a Syrian
Ini merupakan jenis yang paling umum kita dapatkan di pasaran karena perawatanya yg terbilang mudah. Ukurannya termasuk yang paling besar diantara 4 jenis hamster yg lain. Kita bisa mengenal Syrian dari warna bulunya yg keemasan, mata yang besar dan berwarna hitam gelap, ekor yang sangat pendek. Umumnya memiliki panjang 15-20 cm,berat 85-141 gram dan kakinya tidak berbulu. Umur Syrian rata-rata berkisar pada 2-2.5 tahun.
Saat ini kita bisa menemukan berbagai variasi dari syrian dengan warna yg berbeda dari warna aslinya seperti silver, cream, putih, hitam dah masih banyak lagi. Untuk syrian yg memiliki warna asli, dikenal dengan nama "agouti" sedangkan variasi warna lainnya disebut "self". Selain variasi warna terdapat juga variasi pada panjang bulunya, ada yang long haired Syrian, di kenal dengan nama "tedy bear hamster", dan ada juga yang short haired atau bahkan hairless.
Jenis Syrian mudah dipelihara dan cenderung penyendiri, jadi klo baru beli hamster lagi jenis Syrian jangan langsung digabung dengan hamster yang lama.

2. Dwarf Russian Hamster
Dibandingkan dengan syrian, hamster jenis ini ukurannya lebih kecil dah biasanya agak sedikit agresif. Hasmter dwarf Russian akan menggigit tangan kita bila dia merasa terganggu. Karena ukurannya yg kecil, lebih disarankan menggunakan kandang glass ato plastic aquarium.
Dwarf Russian umumnya ditandai dengan adanay garis hitam di bagian punggungnya (dorsal stripe) dan kakinya berbulu. Panjang hamster ini berkisar dari 10-12 cm dengan berat 22-28 gram dan umur rata-rata 1.5 - 2 tahun. Dwarf Russian hidup secara berkelompok dengan 1 pemimpin, hasmter yang dominan akan menjadi pemimpin bagi hamster yang lain.
Untuk hamster ini ada jenis yang terkenal, yakni Dwarf Campbells Russian Hamster yang sering dikenal dengan Campbells dan satu lagi Dwarf Winter White Russian Hamster yang sering dikenal dengan winter white. Dinamakan winter white karena pada saat musim dingin, bulu hamster ini akan cenderung berubah menjadi berwarna putih.


3. Chinese Hamster
Jenis hamster ini kurang populer karena bentuknya yang menyerupai tikus, dan hamster ini mempunyai ekor walaupun tak sepanjang ekor tikus. Dengan ukuran 7.5-9 cm dan beratnya 50-75 gram, hamster ini sangat pemalu dan bergerak dengan cepat. Warna asli dari jenis ini adalah coklat tua pada punggung dengan garis hitam mengikuti tulang belakang dan warna putih pada bagian perut. Bentuk tubuhnya bnr2 kaya tikus, kecil dan panjang xD
Perawatanya cukup mudah, tapi karena bentuknya mungkin jarang ditemui di pasaran. Chinese hamster hidup bersosialisasi jadi memeliharanya dalam satu kandang bukan suatu masalah dan untuk kadang di sarankan memakai glass/plastic aquarium.

4. Roborovski Hamster
Merupakan hamster terkecil diantara jenis hamster yg ada, ukurannya hanya 4-5cm. Dengan umur rata-rata 3-3.5 tahun, hamster ini hidup secara sosial sehingga tidak ada masalah untuk menaruhnya dalam satu kandang. Tetapi, untuk perawatannya terbilang lebih susah dibanding dengan dengan jenis yang lain. Rovorovski sangat aktif dan bergerak dengan cepat. Warna original dari Roborovski adalah berwarna keemasan dengan warna putih pada bagian perut dan diatas matany terdapat "alis" berwarna putih.

Untuk sementara segini dulu deh kalo di ceritain satu2 secara detail bisa panjang bgt karena variasi dari tiap jenis begitu beragam, tetapi secara garis besar yang umum hanya terbagi dalam 5 jenis itu. Semoga info ini bisa membantu dalam memilih hamster :)

Credits to wikipedia and petwebsite

2 comments:

dimxum said...

aduuh Makasih Banyak neeh atas Infonya.. tapi.. kan katanya ada 5 jenis,, tp ko setelah di baca cuma ada 4 jenis yak>????????????? kurang satu tuh jenis hamternya,, :):)))))

d.L said...

@ ^
Sama2 :t
Sebenarnya sih ada bnyk kk jenisnya, cuman yg paling populer 4 jenis ini.

Posting Komentar